Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Flash HP OPPO Semua Tipe 100% Work

Cara Flash HP OPPO Semua Tipe 100% Work - Setelah pada pertemuan kemarin saya telah membagikan Cara Flash HP SamsungHP Xiaomi. HP Vivo dan HP Asus. Nah untuk pertemuan sekarang saya akan sharing Cara Flash Hp Oppo untuk Semua Tipe yang dapat digunakan untuk masalah Lupa Sandi/Pola, Bootloop dll.

Cara Flash HP OPPO Semua Tipe 100% Work
Cara Flash HP OPPO Semua Tipe

Untuk saat ini,  hanya dua cara yang dapat saya berikan, yaitu Flash Hp Oppo lewat laptop dan PC, serta Cara Flash Hp Oppo tanpa PC.

Tak jauh - jauh dari merek smartphone lainnya, untuk merek  Oppo tidak menutup ada banyak masalah di perangkat Oppo kalian. Seperti lag, hang, bootloop, stuck di logo, bahkan masalah atas dasar manusianya sendiri seperti lupa pola atau sandi. 

Untuk device Oppo yang rilis tahun 2018 keatas, itu perangkat tersebut sudah ditanamkan software yang cukup tangguh sehingga tidak dapat dibobol secara manual. Yang bisa melakukan hal tersebut adalah khusus di bagian tukang service, namun mereka juga membutuhkan alat bantu yang cukup tangguh juga.  

Biasanya mereka menggunakan sebuah file, namun file nya cukup mahal sehingga berdampak juga pada harga yang akan kalian bayar nantinya. Sedangkan bagi device Oppo yang rilis dibawah 2018 masih bisa dilakukan dengan manual. 

Cara Flash Hp Oppo

Untuk mengatasi device Oppo error (bootloop, hang bahkan lupa pola/sandi) di smartphone Oppo yang rilis 2018 keatas, cara satu-satunya yaitu lewat PC atau dengan Laptop.

Karena jika kalian menggunakan smartphone Oppo lainnya, atau via SD Card, maka cara-cara ini tidak begitu berguna. Namun jika hp/smartphone Oppo kalian rilisan 2017 kebawah, kalian bisa gunakan cara yang tanpa PC. 

Namun, itu sepengetahuan saya, mungkin nanti di masa depan atau bahkan sekarang sudah ada teknisi/orang yang bisa menjebol smartphone Oppo dengan bermodalkan smartphone lainnya pada Oppo rilisan 2018 keatas. cara - caranya ada dibawah :

Cara Flash Hp Oppo Tanpa PC

Baiklah, untuk awalan yaitu Cara Flash Hp Oppo dengan PC/laptop. Cara-cara ini bisa digunakan untuk seluruh model hp/smartphone Oppo. Diantaranya yaitu hp Oppo A37F, Oppo A71, Oppo A3S mau itu lupa pola/sandi dan sebagainya.

Cara yang termudah dan saya rekomendasikan jika kalian masih memiliki smartphone Oppo beserta dusbook juga nota pembelian adalah membawa unit Oppo kalian ke Oppo Service Center.

Nah ketika di Oppo Service Center kalian cukup memberikan device Oppo kalian dan kelengkapannya ke customer servicenya dan nanti akan langsung diperbaiki dan ini tidak memakan biaya sepersenpun alias gratis.

Namun, apabila kalian tidak memiliki dusbook ataupun nota pembelian milik kalian, kalian ikuti intruksi dibawah.

Berikut langkah-langkah flash hp Oppo :

Factory Reset Oppo

Langkah tersimpel yang dipakai untuk smartphone/hp Oppo rilisan 2017 kebawah.  Untuk caranya kalian cukup tahan tombol Volume Down + tombol Power diwaktu bersamaan. Kemudian kalian akan masuk ke menu pemilihan bahasa.

Cara Flash HP Oppo Tanpa PC
Cara Flash HP Oppo Tanpa PC

  1. Di menu pemilihan bahasa [language], kalian pilih bahasa inggris [English].
  2. Lalu kalian pilih pilihan [Wipe data].
  3. Maka hp Oppo kalian akan di reset otomatis.

Flashing Oppo 

Gunakan ini untuk mengatasi hp Oppo kalian yang error (lupa pola/sandi, bootloop dll), yaitu install ulang Stock Rom hp Oppo kalian.

Caranya ialah sama seperti flashing pada hp lainnya yang tanpa PC, kalian cukup sediakan sebuah SD Card dan firmware yang sesuai dengan hp Oppo kalian. Sedangkan firmware nya kalian bisa cari di internet.

Perlengkapan : 

  • SD Card.
  • Firmware yang sesuai dengan model hp Oppo kalian. Kalian bisa mengunduhnya dengan hp kalian lainnya, atau bisa pinjam ke saudara. Oh ya, file firmware yang akan kalian dapatkan nantinya berbentuk .zip atau bisa .rar, kalian tidak perlu meng-ekstrak file firmware tersebut.
  • Pastikan kalian mengisi baterai hp Oppo kalian paling tidak 50%, atau 1 jam pengisian (sesuaikan dengan kecepatan mengisi hp Oppo kalian).

Langkah - langkahnya : 

  1. Pindahkan firmware sebelumnya yang kalian unduh ke kartu SD di hp kalian satunya. Untuk letak direktorinya kalian bebas memilih, namun rekomendasi saya adalah di awal atau tanpa folder untuk memudahkan pencarian nantinya.
  2. Matikan terlebih dahulu hp Oppo kalian, caranya dengan menahan Power button selama beberapa detik dan pilih matikan daya.
  3. Nah, jika kalian telah mematikan hp Oppo kalian, selanjutnya kalian tinggal masuk ke Recovery Mode. Caranya dengan menekan tombol volume down + power (beberapa model hp Oppo mungkin berbeda, terutama yang seri flagship. Jadi kalian sesuaikan saja dengan model hp Oppo kalian) secara bersamaan sampai bisa masuk ke Recovery Mode.
  4. Setelahnya kalian bisa melempaskan semua tombol yang kalian tahan tadi.
  5. Lalu kalian pilih bahasa inggris/[English]. Untuk mengarahkannya kalian bisa gunakan tombol volume up untuk ke atas dan volume down untuk kebawah, serta tombol power untuk OK. 
  6. Kalian cari dan pilih menu [Install update from storage device]. Untuk mengarahkannya sama seperti ditahap 5.
  7. Langkah selanjutnya, kalian cari dan tekan firmware yang telah dipindahkan di SD Card. Jangan sampai lupa letak direktori tempat kalian memindahkan file firmware tadi.
  8. Nah, ketika kalian memilih file firmware tadi, maka proses flash smartphone akan berjalan secara otomatis. Yang perlu kalian lakukan adalah tunggu hingga prosesnya selesai. Proses bisa memakan waktu 3-4 menit.
  9. Setelah lama menunggu dan akhirnya selesai, akan anda notifikasi [Success] yang menandakan proses flashing telah sukses dan tidak error.
  10. Selanjutnya kalian kembali ke menu awal recovery mode, caranya pilih [Back].
  11. Setelah kembali, dan kalian berada di tampilan awal. Langkah selanjutnya adalah memulai ulang hp Oppo kalian untuk merefresh Stock, caranya kalian pilih [Reboot].
  12. Selesai.

Catatan Penting: Oh ya, lupa dijelaskan, cara diatas tidak bisa bekerja bila hp Oppo kamu merupakan keluaran 2018 keatas. Jadi jika kamu memiliki hp oppo keluaran atas seperti oppo neo 5, oppo f1s, oppo a5s, oppo find x3 Pro, oppo find x2, oppo reno 5f, oppo a91, oppo a74 dan lain-lain.

Jadi cara satu - satunya seperti yang saya katakan tadi yaitu kalian harus menggunakan laptop atau PC untuk memflashing hp oppo kamu.

Flash Hp Oppo Dengan Laptop atau PC

Untuk cara berikut ini, dapat kalian terapkan bilamana hp Oppo kalian memiliki masalah yang sangat serius seperti Bootloop parah dan sebagainya. Bahkan mungkin hp Oppo kalian lupa sandi/pola yang merupakan hp midel terbaru 2018 keatas. Berikut langkah - langkahnya :

Cara Flash HP Oppo di Laptop atau PC
Cara Flash HP Oppo di Laptop atau PC

  1. Unduh + ekstrak terlebih dahulu firmware yang pas sesuai model hp Oppo kalian. Kalian perlu mengunduh aplikasi SP Flash Tool di laptop atau PC kalian, sebagai tambahan.
  2. Buka aplikasi SP Flash Tool nya, lalu kalian pilih pada scatter loading. Carilah file (nama chipset hp Oppo kalian)_Android_scatter_emms yang ada, contohnya MT6542_Android_scatter_emms.
  3. Setelah kalian memilihnya, kalian klik buka atau [Open] dan tunggu hingga berhasil termuat sempurna di aplikasi Flash Tool. Mungkin butuh beberapa menit.
  4. Lalu kalian pilih dan tekan tab [Download] di sisi kanan atas aplikasi.
  5. Matikan hp Oppo kalian kemdian sambungkan  ke PC atau laptop dengan kabel USB atau kabel data. Maka otomatis flashing akan berjalan, kalian tunggu saja.
  6. Jika proses selesai dan muncul tanda ceklis hijau, maka proses flashing tadi sudah sukses dan tanpa error.
  7. Selesai, kalian tinggal copot kabel data dan aktifkan kembali hp Oppo kalian.

Akhir Kata

Itu dia teman-teman beberapa cara flashing hp oppo terbaru. Jika ada pertanyaan bisa koment melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan juga ke teman-teman kamu yang mengalami masalah yang sama. Terima kasih dan sehat selalu.

iWasOtaku
iWasOtaku Hanya seorang manusia biasa yang ingin membagikan pengetahuannya tentang game-game kepada masyarakat luas.

Posting Komentar untuk "Cara Flash HP OPPO Semua Tipe 100% Work"