Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Flash HP Vivo Bootloop, Lupa Sandi Tanpa PC

Cara Flash HP Vivo Bootloop, Lupa Sandi Tanpa PC - No system is safe, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan semua hp terkhusus pada hp merek Vivo. Semua hp pasti ada masalahnya, dan di hp Vivo yang paling umum menyerang adalah masalah Bootloop, Hang, Stuck di Logo Vivo dan Lupa Sandi.

Cara Flash HP Vivo Bootloop, Lupa Sandi Tanpa PC
Cara Flash HP Vivo Bootloop, Lupa Sandi Tanpa PC

Tak perlu cemas, karena saya sudah membuatkan solusi yang bisa menyapu bersih masalah di atas, terlebih lagi ini bisa digunakan untuk semua atau seluruh tipe hp Vivo. Sebut saja hp Vivo seri Y seperti Vivo Y15, Vivo Y11, Vivo Y12, Vivo Y71, Vivo Y91C, Vivo Y91 dan Vivo Y28. Seri hp Vivo V juga tak luput seperti hp Vivo V9 dan Vivo V11.

Sebelumnya juga saya sudah membagikan banyak sekali cara flashing hp xiaomi, samsung, oppo dan asus yang mungkin juga bisa kamu coba jika memiliki merk hp dari salah satu yang saya sebutkan diatas.

Tak usah berlama-lama lagi, berikut adalah artikel cara Flash Hp Vivo karena Bootloop, Lupa Sandi, dan mati total untuk semua tipe.

Cara Flash Hp Vivo Tanpa PC

Seperti biasa, untuk memperbaiki hp Vivo milik kalian yang error/rusak (Flashing) tanpa PC, kalian membutuhkan sebuah SD Card atau memori eksternal. Untuk kapasitasnya sendiri minimal 4GB agar masih cukup lega setelah diisi dengan Firmware Vivo. Di bawah adalah cara Flash hp Vivo secara manual. 

Bahan yang diperlukan untuk Flashing HP Vivo

  • SD Card minimal 2GB untuk menaruh file Firmware Vivo milik kalian. Lebih besar lebih baik karena untuk file Firmware Vivo sekitar 1,4GB an.
  • Hp lain untuk mengunduh file Firmwarenya dan memindahkannya ke SD Card. Bisa meminjam hp orang tua atau saudara.
  • File Firmware pastinya, untuk Firmwarenya kalian bisa mencarinya di internet yang pastinya cocok dengan model hp Vivo milik kalian.
  • Baterai hp Vivo milik kalian usahakan berada di 50% (lebih banyak lebih baik) atau isi daya hp kalian selama 1 jam (bisa disesuaikan tergantung kecepatan pengisian hp Vivo milik kalian).
  • Jika tidak, maka ketika proses Flashing berjalan dan tiba-tiba hp Vivo milik kalian mati yang terjadi selanjutnya adalah hp kalian mengalami Hard Brick atau mati total dan tidak bisa menyala sama sekali.

Cara Flash HP Vivo Tanpa PC

Cara Flash HP Vivo Tanpa PC
Cara Flash HP Vivo Tanpa PC

  1. Baiklah, langkah pertama adalah memasukan SD Card ke hp Vivo milik kalian yang rusak, dan sebelumnya sudah ditaruh file Firmware Vivo nya terlebih dahulu.
  2. Untuk letak/direktori Firmwarenya bebas, namun saya sarankan di direktori awal alias tanpa dimasukan ke folder manapun di SD Card.
  3. Oke, setelah kalian masukan SD Cardnya, langkah selanjutnya adalah memunculkan menunya dengan cara menekan dan menahan tombol Power Button + Volume Down diwaktu yang bersamaan.
  4. Nah setelah kalian masuk ke menunya, kemudian kalian harus masuk ke Recovery Mode. Yaitu dengan cara menekan Volume Down dan kemudian menekan Power Button.
  5. Akan muncul logo Vivo selama beberapa saat, kalian cukup menunggunya saja. 
  6. Dan kemudian setelah kalian berada di Recovery Menu, kalian pilih  [Install Update]. Untuk melakukannya cukup menekan Volume Down dan kemudian menekan tombol Power Button sama seperti pada langkah ke 3.
  7. Selanjutnya karena kalian sudah menaruh file Firmware Vivo nya di SD Card, maka kalian harus memilih [SD Card] di menu Install Update. Untuk menggulir petunjuknya kalian cukup melakukan langkah yang sama seperti langkah 3 dan 5.
  8. Kalian cari dan pilih file Firmware kalian pada pilihan selanjutnya. Ingat, file Firmware selalu berbentuk .Zip atau .Rar.
  9. Maka Proses instalasinya sudah berjalan dan kalian cukup menunggunya hingga selesai. Untuk melihat prosesnya sudah sejauh mana, kalian cukup perhatikan garis putih mendatar di bagian bawah layar.
  10. Ketika proses instalasinya berjalan sukses, maka akan muncul notifikasi [Install Update Succesful], kalian tap saja pada pilihan [OK].
  11. Kemudian kalian memilih pilihan [Back] > [Reboot System].
  12. Tunggu hingga proses booting selesai, mungkin membutuhkan 2 menit-an. 
  13. Selesai

Cara Flash Hp Vivo Dengan PC

Nah, untuk yang kedua ini bisa kalian gunakan manakala kerusakan atau errornya lebih parah/sangat parah, sehingga dengan bantuan SD Card saja tidak bisa mengatasi. Yang perlu kalian miliki terlebih dahulu adalah aplikasi SP FLASH TOOL di PC milik kalian. Untuk lebih lanjutnya ada di bawah ini. 

Bahan yang diperlukan untuk Flashing HP Vivo Lewat Laptop

  • File Firmware yang cocok dengan model hp Vivo milik kalian, kalau kalian sudah menggunakan cara pertama Flash Vivo di atas, kalian bisa menggunakan filenya kembali. Atau mencarinya di internet. Kemudian kalian ekstrakan di satu folder dengan 2 file dibawah. 
  • Software SP FLASH TOOL versi 5, kalian bisa mendapatkannya di web resminya, kemudian ekstrak.
  • File USB Driver yang mendukung versi Firmware Vivo milik kalian, untuk informasinya bisa dicari di internet atau ke grup Facebook. Ekstrak dan kemudian install file USB Drivernya.
  • Kabel data/kabel USB sebagai penghubung antara hp Vivo milik kalian dengan PC/Laptop. 

Cara Flash HP Vivo Dengan PC

Cara Flash HP Dengan Laptop / PC
Cara Flash HP Dengan Laptop / PC

  1. Kalian alihkan dulu ke PC, dengan membuka aplikasi SP FLASH TOOL. 
  2. Masukan file khusus di kotak [Download - Agent], filenya terletak di dalam folder  SP FLASH TOOL dengan nama DA PL.Zip
  3. Sekarang ke [Authetication File], isikan dengan file yang berada di foler Sp Flash Tool dengan nama Auth bereksistensi .Auth File.
  4. Yang terakhir ke bagian [Scatter - Loading File], lalu arahkan mouse kalian ke folder hasil ekstrak file Firmware Vivo kalian. Nama file nya adalah seperti pada gambar (untuk mt6765 bisa disesuaikan dengan nama Chipset hp Vivo milik kalian) dengan format .Scatter  
  5. Kalian cukup menunggu hingga proses memuat 3 file diatas selesai di aplikasi SP nya. 
  6. Setelah selesai menunggunya, kalian sekarang beralih ke hp Vivo milik kalian yang rusak. Jika masih menyala, matikan hp Vivo kalian.
  7. Oh ya, untuk berjaga-jaga agar hp Vivo milik kalian tidak mati total manakala gagal Flashing karena Firmware yang kurang cocok, kalian bisa hilangkan centang pada preloader.
  8. Kembali beralih ke PC, kalian harus menekan tombol [Download] di pojok kiri atas. Jika telah selesai, kalian hubungkan hp Vivo milik kalian ke PC menggunakan kabel data sambil menekan dan menahan Volume Down di hp Vivo milik kalian. Setelahnya proses Flash hp Vivo sedang berjalan.
  9. Alihkan mata kalian ke PC, di bawah antarmuka SP FLASH TOOL akan ada garis yang berjalan dari kiri ke kanan. Jika terdeteksi garisnya akan berwarna kuning, kalian bisa meletakan hp Vivo milik kalian setelahnya.
  10. Ingat! Taruh pelan-pelan jangan sampai membuat koneksinya terputus. Namun jika sudah terlanjur putus maka kalian cukup mengulang kembali langkah nomer 6-8.
  11. Untuk Flashingnya sendiri membutuhkan waktu 5-10 menit-an, harus cukup sabar untuk menunggu. Dan jika prosesnya selesai maka akan muncul notifikasi centang putih di dalam lingkaran hijau.
  12. Kemudian nyalakan kembali hp Vivo milik kalian, kalian juga bisa melepaskan kabel data.
  13. Selesai.

Catatan Penting : Sebelum menekan [Download] pada aplikasi SP, kalian bisa mengecek Driver’s nya. Langkahnya cukup menekan juga menahan Volume Down pada hp bersamaan dengan menghubungkan ke PC. Jika berhasil, di Device Manager akan muncul preloader.

Akhir Kata

Itu dia teman-teman beberapa cara flashing hp vivo yang mengalami masalah seperti bootloop, lupa kata sandi untuk semua hp vivo dengan metode menggunakan PC / Laptop ataupun Tanpa PC. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan juga ke teman-teman kamu yang mengalami masalah yang sama ya. Terima kasih dan sehat selalu.

iWasOtaku
iWasOtaku Hanya seorang manusia biasa yang ingin membagikan pengetahuannya tentang game-game kepada masyarakat luas.

Posting Komentar untuk "Cara Flash HP Vivo Bootloop, Lupa Sandi Tanpa PC"