Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Mengatasi HP Android Lemot agar Lancar Kembali

Cara Mengatasi HP Android Lemot - Cara mengatasi HP Android lemot bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ponsel yang digunakan jadi sulit untuk membuka game atau sekedar untuk mengambil foto.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Biasanya HP lemot bisa terjadi karena terlalu banyak menyimpan media baik itu foto ataupun gambar. Selain itu, bisa juga terlalu banyak memasang aplikasi yang akhirnya tidak digunakan.


Maka dari itu saran saya teman-teman jika kamu sudah mendownload gambar ataupun video dan sudah tidak digunakan lagi ataupun sudah tidak penting. Sebaiknya kamu menghapusnya dari pada hp kamu lemot.

Banyak dilihat:

Apa Penyebab HP Android yang Mulai Lemot?


Ada beberapa penyebab kenapa HP Android mengalami masalah seperti lemot, ngelag, atau mulai lambat ketika sedang digunakan.

Berikut diantaranya:
  • Aplikasi di Android terlalu banyak.
  • Penyimpanan Android sudah penuh.
  • Cache yang menumpuk di salah satu aplikasi.
  • RAM Android yang terbatas.
  • Versi sistem operasi Android sudah usang.
Penyebab di atas, merupakan faktor kenapa Android mulai lemot yang paling umum. Namun dengan adanya informasi di atas, kamu setidaknya bisa tahu apa alasan HP kamu mulai lemot.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut di bawah ini beberapa cara yang dikutip dari berbagai sumber situs teknologi seperti EzTekno.com dan yang lainnya.

Cara Mengatasi HP Android Lemot Secara Ampuh

Hapus Aplikasi Tidak Diperlukan

Cara pertama untuk mengatasi HP Android yang lemot adalah dengan langsung menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Cek satu persatu aplikasi yang terpasang pada HP sebelum menghapusnya.

Untuk melakukan penghapusan cukup tekan ikon aplikasi lalu drag ke atas. Biasanya akan muncul tombol silang yang melakukan proses uninstall secara otomatis.

Hapus Data yang Tidak Dibutuhkan

Ponsel bisa digunakan untuk mengambil foto atau video dalam jumlah banyak. Tanpa sadar data yang diambil itu membuat memori menjadi penuh dan memicu ponsel menjadi lemot ketika digunakan.

Cek bagian galeri, lalu hapus satu persatu video ataupun foto yang tidak diperlukan lagi. Biasanya, foto atau video yang berasal dari WhatsApp jumlahnya ada sangat banyak dan bisa dihapus karena tidak akan dilihat lagi.

Rutin Hapus Cache

Ada baiknya untuk rutin menghapus sampah yang menumpuk pada ponsel Android, khususnya ketika membuka browser. Umumnya akan ada file temporary atau cache yang ukurannya besar dan tidak bisa dihapus secara manual.

Untuk menghapus file pada cache, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan HP seperti File Manager. Ketika masuk ke dalamnya akan ada icon yang menunjukkan sapu, jika itu ditekan akan ada proses penghapusan otomatis.

Pindah Data ke SD Card

Cara mengatasi HP Android lemot selanjutnya adalah dengan memindahkan berapa data ke memori card atau SD card. Ini dilakukan untuk menghindari memori internal terlalu penuh dan jadi lemot ketika digunakan.

Pastikan sudah menggunakan SD card yang didukung oleh ponsel. Selanjutnya pindah data-data yang cukup mudah untuk ditransfer seperti dokumen hingga data-data lain seperti gambar atau video.

Hindari Wallpaper Animasi

Apabila menggunakan launcher untuk membuat ponsel menjadi menarik, kamu akan menggunakan banyak sekali. Ini bisa menyebabkan ponsel menjadi sangat lemot karena animasi membutuhkan RAM yang besar.

Untuk itu coba nonaktifkan wallpaper dalam bentuk animasi yang memang sedang digunakan. Atau jika tidak terlalu butuh, launcher ataupun wallpaper tersebut bisa dihapus dari ponsel.

Matikan Auto Update

Ada baiknya untuk mematikan auto update di beberapa aplikasi yang digunakan. Ini bisa menyebabkan banyak sekali data terunduh secara otomatis pada memori yang dimiliki jumlahnya sedikit.

Apabila terpaksa harus melakukan update otomatis, pilih aplikasi mana saja yang melakukannya. Karena jika semuanya melakukan update otomatis, perlahan-lahan memori yang ada pada ponsel akan habis dengan sendirinya.

Factory Reset

Cara mengatasi HP Android lemot terakhir karena beberapa cara di atas tidak berhasil adalah dengan melakukan factory reset. Ini dilakukan untuk mengembalikan ponsel ke settingan pabrik.

Setiap ponsel mungkin akan memiliki menu pada pengaturan yang berbeda-beda. Namun, secara umum untuk melakukan factory reset bisa mengikuti langkah berikut.
  1. Masuk Settings.
  2. Additional Settings.
  3. Gulir ke bawah sampai menemukan Factory Reset.
  4. Tekan Erase All Data.
Catatan: Perlu diperhatikan, setelah kamu melakukan factory reset, maka semua data di HP Android akan dihapus dan semua setelan di HP kembali ke pengaturan pabrik.

Jadi, pastikan kamu sudah melakukan backup data atau mencadangkan data dan file penting kamu terlebih dahulu sebelum menggunakan metode yang satu ini.

Kesimpulan

Degan adanya beberapa solusi dalam mengatasi HP Android lemot di atas, maka bisa dikatakan masalah ini muncul karena berbagai penyebab. Jadi, ada baiknya kamu untuk mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu agar kamu bisa menemukan solusinya secara efktif.

Cara mengatasi HP Android lemot bisa dilakukan dengan salah satu atau beberapa cara di atas. Gunakan cara yang sesuai dengan penyebab agar ponsel bisa segera digunakan kembali tanpa beli HP baru.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengatasi HP Android yang sering lemot maupun ngelang. Semoga berhasil!
ardnat
ardnat Hanya seorang manusia biasa yang ingin membagikan pengetahuannya tentang Game Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, PPSSPP, Livery / Mod Bussid dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "7+ Cara Mengatasi HP Android Lemot agar Lancar Kembali"